Pages

Monday, January 22, 2018

Tips Supaya Anak Senang Belajar Bahasa Inggris

Banyak orang tua yang menginginkan anaknya belajar bahasa inggris dan sering kita ketahui bahwa anak lebih memiliki waktu pada saat bersama dengan orang-orang terdekatnya, terutama bersama orang tuanya.

Pada masa anak-anak mereka lebih cenderung menghabiskan waktu untuk bermain dari pada belajar sehingga para orang tua kesulitan untuk menimbulkan rasa suka pada diri anak terhadap bahasa inggris. 


Sehingga banyak orang tua yang binggung untuk membuat anak mereka antusias terhadap pelajaran bahasa inggris, disini peran orang tua sangat diperlukan karena dengan orang tua yang memotivasi anaknya, mereka akan menjadi semakin antusias, jika anda ingin mengetahui tips supaya anak senang belajar bahasa inggris, simak ulasannya berikut ini.

Tips supaya anak senang belajar bahasa inggris yang pertama adalah biasakan sejak kecil membelikan mereka VCD/DVD yang berbahasa inggris, karena anak-anak lebih suka menonnton film kartun, dengan menggunakan bahasa inggris maka anak akan merangsang sendiri apa yang mereka   lihat dan dengarkan pada saat menonton kartun. 

Pilihlah kartun yang menggunakan lagu-lagu bahasa inggris yang menarik, karena anak akan lebih cenderung menyukai lagu anak-anak yang sederhana dan menarik. Dengan gaya atau tarian tersebut sering menggambarkan makna atau arti lagu animasi yang bagus di learn English yang bisa anda dengarkan bersama anak anda.

Tips supaya anak senang belajar bahasa inggris yang kedua adalah dengan membuat anak suka mendengarkan dongeng-dongeng atau cerita-cerita yang menarik dan sederhana. Penyampaian sebuah cerita bisa anda sampaikan dengan bahasa indonesia terlebih dahulu setelah itu berangsur-angsur baru menceritakan menggunakan  bahasa inggris  kemudian diterjemahkan. 

Tips ini akan sangat mudah diterapkan jika orang tuanya dapat berbahasa inggris dan sebaliknya akan sangat sulit jika orang tuanya tidak bisa atau belum faham bahasa inggris, tetapi jangan kuatir, masih banyak tips yang lainnya untuk mengajarkan bahasa inggris ke anak, anda tidak perlu terlalu memakasanya untuk belajar karena akan menyebabkan anak menjadi trauma dan tidak mau lagi belajar. Lakukan dengan perlahan-lahan.

Yang ketiga adalah dengan mencegah anak-anak untuk menonton sinetron atau film-film yang terlalu banyak iklannya, lebih baik anda berlangganan tv satelit dan anda bisa memilih program untuk anak-anak, seperti channel-channel khusus film kartun yang berbahasa inggris. 

Memang tips ini hanya untuk orang yang kalangan mampu saja karena butuh biaya besar untuk membeli satelit, tapi jangan kuatir ada cara yang lebih mudah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan orang tua yaitu dengan memberikan buku cerita yang bergambar dan bertuliskan bahasa inggris. 

Dengan buku-buku cerita yang bergambar maka akan membuat ketertarikan sendiri pada anak tersebut, karena gambar dan warna membuat imajinasi anak semakin berkembang. Tips supaya anak senang belajar bahasa inggris ini semoga memudahkan anda untuk para orang tua.

Anak-anak memang mudah sekali bosan akan sesuatu yang diajarkan monoton sehingga orang tua mencari tips supaya anak senang belajar bahasa inggris, oleh karena itu banyak metode yang di lakukan untuk membuat anak tertarik, misalnya bermain sambil belajar, dengan menggunakan lagu/music, karena dengan lagu-lagu, kita bisa membuat anak didik terus aktif dalam proses pembelajaran dan bisa menghilangkan kejenuhan pada anak-anak.

Kita juga bisa menggunakan audio  dengan bernyanyi, anak-anak juga bisa langsung speaking yaitu mengulangi lagu-lagu tersebut, dan juga listening. Dengan menerapkan belajar anak di usia dini membuat daya tanggap dan ingat anak menjadi tajam, seperti pisau yang diasah setiap hari maka akan tajam pula ingatannya, semoga bermanfaat.